Minggu, 04 Maret 2018

‘Anak Anda Senang Bercerita??? Bisa Jadi dia Cerdas Linguistik – Verbal


                Saya pernah bahas tentang apa saja sih 9 dari kecerdasan majemuk menurut Howard Gardner. Dan itu belum terlalu mendalam. Saya hanya sampaikan dalam bentuk pointer tanpa penjelasan. Salah satu dari 9 multiple intelligences  itu adalah kecerdasan Lingustik Verbal. Nah looh… Kecerdasan gimana sih ini??.

                Kalau di definisikan, kecerdasan Lingusitik verbal adalah kemampuan menyelesaikan masalah, mengembangkan masalah dan meciptakan sesuatu dengan menggunakan bahasa secara efektif baik secara lisan maupun tulisan. Cerdas linguistik berarti cerdas kata, dan cepat belajar dengan menggunakan kata-kata atau dengan mendengar dan melihat.


                Nah, kenapa anak yang senang bercerita berkemungkinan memiliki kecerdasan linguistik yang dapat dikembangakan?. Saya garis bawahi kata dapat dikembangkan.  Usut punya usut ternyata masing-masing dari 9 kecedrasan majemuk dapat dikembangkan menjadi pada tingkat teratas sebagai suatu kemampuan bagi anak. Misal dari kecerdasan linguistik verbal, anak usia dini yang mendapat stimulasi tepat untuk mendukung kecerdasan linguistiknya, dia mungkin akan menjadikan kemampuan nya tersebut sebagai sesuatu yang mengidentikannya dari lingkungan sekitar, memiliki profesi yang berhubungan dengan Linguistik verbal. Contoh : menjadi penyiar radio, presenter atau penulis dll.


                Kecerdasan Linguistik verbal memiliki indikator atau ciri-ciri khusu. Moms dan c’moms bisa simak ciri-ciri di bawah ini untuk mengidentifikasi apakah putra – putri moms memiliki salah satu dari sekian ciri-ciri ini. Yukkkks langsung aja kita simak apa aja sih…. ?????????????

    1.   Senang dan efektif berkomunikasi,
    2.   Senang dan mampu dengan baik mengarang cerita
    3.   Senang berdiskusi , mereka mampu menangkap permasalahan          secara verbal, memaknai sekaligus menanggapi.
    4.   Senang, tertarik dan efektif belajar bahasa asing
    5.   Senang bermain game bahasa, peka terhadap permainan bunyi          dan dengan mudah menangkap makna dari kata kata.
    6.   Senang membaca dan mampu mencapai pemahaman yang                tinggi
    7.  Memiliki memori yang kuat erhadap kata-kata, misal mudah            mengingat kutipan, ucapan para ahli, pakar/ayat.
     8.  Tidak mudah salah tulis atau salah eja
     9.  Pandai membuat lelucon,
    10. Pandai membuat puisi
    11. Tepat dalam tata bahasa
    12. Kaya akan kosa kata, mereka memiliki kosakata lebih banyak          dari teman sebayanya
    13. Menulis secara jelas, mampu mengorganisasikan pikiran dan            menuangkannya dalam susunan kata-kata tertulis.

Cukup jelas ya, kalau indikator kecerdasan Linguistik Verbal sangat erat kaitannya dengan kemampuan dalam berkata-kata baik secara tertulis atau tidak.  So, adakah moms salah satu dari indikator diatas yang terdapat pada putra dan putri moms??. Jika iya, kemungkinan putra atau putri moms memiliki kecerdasan linguistik –verbal. Dan itu artinya moms bisa mulai cari tau juga, gimana sih cara mengembangkan kecerdasan Linguistik Verbal??. 






0 komentar:

Posting Komentar